Friday 28 August 2015

Begini Cara mengembalikan file flashdisk yang hilang karena virus

Pernah gak kita kehilangan file berharga dalam flashdisk? misalnya kita baru saja colokin fd kita ke komputer teman hanya untuk mengoreksi tugas, eh taunya file di FD kita hilang tak berbekas...


SOURCE : GOOGLE IMAGE

Nah, pasti kita keburu parno kan, ya gimana enggak, kita udah capek-capek kerjain itu tugas, eh hilang dalam sekejap. Waduh. Sebenarnya cuman butuh beberapa langkah supaya itu file 2.

Sebelum kita ke langkahnya, anda perlu tau siapa sih dalang Penghide fd ini, yap dugaan anda semua benar, tidak lain tidak bukan ialah virus shortcut, dan virus autorun.

Cara kerja virus ini simple, dia berkembang biak dari satu kompuer yang sudah terinfeksi, lalu menularkan ke fd yang dicolok, lalu begitu seterusnya. 

Sayangnya antivirus seperti AVG, AVIRA, dll hanya bisa membasmi atau mengkarantina virus ini saja, untuk mengembalikan filenya tidak bisa.

Cara mengembalikannya cukup simple, namun pastikan setelah cara ini, anda melakukan FULL SCAN antivirus anda, mencegah penularan virus ini.

1. Buka cmd

2. Disini port flash disk saya ada di (G) sehingga saya cukup mengetik 
"G"
di cmd, lalu akan muncul :

3. Lalu sekarang kita akan masukan command supaya si file tadi tidak hidden virus , silahkan ketik :
attrib -r -a -s -h *.* /s /d
Tunggu beberapa saat, dan tara, file akan muncul kembali, silahkan anda copy dulu (backup) file anda ke komputer anda, kemudian silahkan format FD anda supaya FD anda benar-benar bersih dari virus, kemudiann silahkan copy lagi file anda ke FD.

Jangan lupa untuk melakukan full scan antivirus, menghindari penularan ^^

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Memberi komentar,karena 1 komentar dari anda sangat berarti bagi kami.... :D
Tapi Ingat,Gunakan Bahasa yang santun dan Jangan Keluar Topik! :D

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: gerunganthony@gmail.com

Our Team Memebers